13 Agustus 2007

Resensi Software : Game Maker

Software ini adalah salah satu software terfavorit saya saat ini. Sesuai dengan namanya, Game Maker, fungsinya tentulah untuk membuat game. Jenis game yang bisa anda buat pun beragam. Mulai dari petualangan, puzzle, RPG, action, simulation, dan genre-genre lainnya.
Lebih mengeutkan lagi, ternyata tidak hanya game yang bisa anda buat, tapi juga program alias software. Software pembuat software? Hmm....menarik bukan?

Masalah utama yang membuat seseorang malas membuat game adalah anggapan bahwa membuat game itu sulit, dengan diperlukannya penguasaan bahasa program secara advance.
Tapi semua itu bisa diatasi di sini. Karena Game Maker menyediakan fasilitas help content, yang menurut saya begitu detil dalam menjelaskan cara-cara serta fungsi-fungsi yang ada di dalam Game Maker ini.
Bagi anda yang masih buta sama sekali soal game making, dengan membaca help-nya saya yakin anda akan langsung mengerti.

Sistem yang dipakai di Game Maker kebanyakan adalah drag and drop. Sangat simpel dan mudah.
Ada juga sistim scripting, tapi semua command-command scriptnya dapat anda temukan di help-nya. Juga beserta penjelasan efek-efek serta kapan command-command tersebut harus digunakan.
Software ini mendukung format .wav .mp3 dan .mid untuk audio, dan banyak sekali format-format picture seperti .bmp .jpg .gif .wmf .ico

Game Maker terdiri dari unregistered version dan registered version. Beberapa fitur akan dihilangkan di versi unregistered-nya dan game yang anda buat dengan versi ini akan memiliki logo game maker yang ditampilkan pada screen-screen awal.
Sementara anda akan mendapat akses dari semua fitur-fitur yang tersedia serta di game anda tidak lagi terdapat logo game maker, jika anda mempergunakan versi registered-nya.

Software canggih ini dapat anda download melalui situs www.gamemaker.nl

Tidak ada komentar:

 
>