16 Agustus 2007

Membuat Video Karaoke

Beberapa waktu yang lalu, saya pernah memuat posting tentang bagaimana cara rekaman dari rumah anda (silahkan baca posting terdahulu yang judulnya "Rekaman Dari Rumah Anda"). Apakah anda sudah mencobanya?
Pada saat melakukan proses rekaman tersebut, mungkin anda mengalami kesulitan ketika anda harus bergantian membuka 3 software sekaligus; Notepad yang memuat lirik lagu, Winamp atau MP3 player lainnya, dan tentu saja sound recorder. Kesulitan tersebut sebenarnya dapat diminimalisasi dengan penggunaan video karaoke. Jadi anda tinggal membuka dua software saja sekarang; Video Player (Winamp atau Windows media Player), dan sound recorder.
Video karaoke di komputer, memuat lagu dari MP3 dan sekaligus juga teksnya.
Selain memudahkan anda dalam proses rekaman, vidoe karaoke ini juga sangat asyik untuk berkaraoke ria, bagi anda pecinta karaoke.
Memang, untuk berkaraoke sebenarnya kita tinggal membeli VCD nya. Tapi tidak semua lagu favorit anda dapat tersedia di toko-toko kan?
Jadi jika anda memiliki lagu-lagu favorit di komputer anda, tidak perlu repot-repot mencari VCD karaokenya di toko-toko penjual CD. Buat saja di komputer anda, dan anda sudah bisa langsung menikmati alunan musik favorit beserta dengan lirik lagunya, langsung dalam satu layar!
Bagaimana cara membuatnya? Simak terus penjelasan saya!



Sebelum kita memulai langkah-langkah membuat video karaoke ini, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu software-software apa saja yang anda perlukan.
1. Winamp atau MP3 player lainnya
2. DART Karaoke Studio
3. Notepad
4. Karaoke Builder Studio
Adapun untuk software pendukungnya, anda dapat mempergunakan EXP Audio Editor.
DART Karaoke Studio, Karaoke Builder Studio, dan EXP Audio Editor dapat anda search dan download melalui situs www.download.com

Oke, mari kita mulai langkah-langkah pembuatannya!
1. Buat terlebih dahulu lirik MP3 yang ingin anda jadikan video karaoke. Pergunakan Winamp atau MP3 palyer lainnya, dan Notepad sebagai media menulis liriknya. Dalam proses mentransfer lirik lagu ke Notepad ini, kadang kita mengalami kesulitan karena mungkin suara penyanyinya kurang jelas, atau terlalu cepat.
Jika ini masalah anda, selesaikan dengan bantuan EXP Audio Editor! Software ini punya kemampuan memperlambat tempo lagu, sehingga mempermudah anda dalam menulis liriknya.

2. Setelah anda memiliki liriknya (dalam format .txt), sekarang bukalah Dart Karaoke Studio melalui sub-programnya Dart Karaoke Author. Buka file MP3-nya, dan liriknya. Kemudian sinkronisasikan antara lagu dan liriknya dengan meng-klik Set Flag (atau cukup menekan spacebar pada keyboard) pada saat kata demi kata dalam lirik lagu anda, dinyanyikan oleh sang penyanyi.
Jika sudah selesai, anda boleh men-save project ini untuk mempermudah anda jika ingin mempergunakannya lagi.

3. Masih di Dart Karaoke Author. Sekarang arahkan kursor ke "Karaoke" dan pilih "Generate CD+G Track".
Berikutnya anda akan dihadapkan pada sebuah menu. Klik "Change" untuk mengubah folder tempat anda men-save output (yang berformat .bin).
Pada kolom Settings, anda akan menjumpai pilihan-pilihan yang berkaitan dengan lirik lagu yang akan ditampilkan di layar.
"Number of line in screen" menunjukkan berapa baris teks yang akan ditampilkan di layar anda nantinya.
"Coloring mode" menunjukkan apa yang akan di-highlight, "line" berarti highlight per baris, sedangkan "word" berarti highlight per kata. Saya merekomendasikan anda memilih "word" untuk "Coloring Mode".
"Presentation Mode" untuk menentukan bagaimana baris teks selanjutnya akan ditampilkan di layar. Pilihan "Scroll" berarti baris baru akan langsung dimunculkan tiap satu baris selesai di-highlight. Sedangkan pilihan "Repaint" berarti baris baru, baru dimunculkan jika seluruh baris dalam layar selesai di-highlight. Untuk pilihan ini saya merekomendasikan anda memilih "Scroll" saja.
Sedangkan pilihan "Alignment" untuk mengatur susunan teks. "Center" berarti rata tengah, sedangkan "Left" berarti rata kiri.
"Text Font" untuk menentukan font dan ukuran font apa yang akan anda pakai dalam lirik lagu.
Sementara "Color" menentukan warna teks lagu.
Di bawah "Settings", ada kolom "Bitmaps" yang dapat anda pergunakan jika anda menginginkan gambar tertentu ditampilkan di layar sebagai background dari video anda nantinya.
Setelah selesai klik-lah "OK", dan anda akan segera mendapatkan file outputnya, dengan format .bin.

4. Format .bin yang sudah anda dapatkan, sebenarnya sudah berisi lagu dan teks. Namun anda hanya bisa menjalankan file ini di CD+G Player, dan tidak familier bagi Media Player lainnya seperti Windows Media Player atau Winamp. Jadi agar file anda bisa diputar di Winamp, Windows Media Player, atau bahkan diputar di VCD Player, anda harus mengubahnya (meng-convert) terlebih dahulu ke dalam format video.
Salah satu software yang mampu menjalankan tugas ini adalah Karaoke Builder Studio. Software ini mampu mengubah .bin ke .avi
Jalankan Karaoke Builder Studio dan pilih Tools. Klik tab "CD+G to AVI Video".
Pilih input untuk CD+G dan Audio, file .bin yang sudah anda dapatkan melalui proses di atas.
Sedangkan untuk Output, pilih di folder mana anda akan men-save file .avi yang akan dihasilkan.
Biarkan pilihan lain seperti apa adanya dan kliklah "Build" untuk memulai proses.

Selamat! Kini anda sudah mendapatkan file video karaoke (berformat .avi), yang bisa anda putar di Winamp atau Windows Media Player. Bila perlu, burn-lah file video tersebut (dengan bantuan software Nero atau software burner lainnya) ke dalam CD, agar bisa diputar di VCD Player kesayangan anda.
Selamat mencoba!

17 komentar:

Anonim mengatakan...

mau dong software-software yang disebutkan di postingan ini di kirim ke abushafwa@gmail.com sekalian KEYGEN nya yah :) he he he he he....

trus...
kalo mp3 nya ada suaranya, CARA NGILANGIN SUARA PENYANYINYA PIGIMANA?
nuwun yaaaaaaaaaaaaaaa

syukur2 jawabannya di kirim ke abushafwa@gmail.com

trima kasihhhh

Anonim mengatakan...

mas saya udah camapai cd+g tapi pada waktu convert avi ga ada suara dan gambarnya. gimana nih ?

kl bisa kirim keygen software cd+g
ke Jpiyoh@yahoo.com Please deh

hh4ns mengatakan...

Boss, gwe tertarik banget nich. apakah bisa dari Cd/Mp3 menjadi sebuah vcd karaoke ?
Kalau bisa gwe mau banget kursus nich. Please email ke hh4ns@yahoo.com or call 02170788209

lion78 mengatakan...

Gimana cara ngilangin suara penyanyi pada MP3 biasa dan VCD biasa, sehingga menjadi sebuah MP3 Karaoke dan VCD karaoke ?
Please kirim ke saari_nawi_amri@yahoo.com

Matur Nuwun Bossss ........

bonokas mengatakan...

bos udah nyoba nyoba susah nyari software cdg to afi nya yah boleh dibantu bos dikirim ke legenda.rajawali@gmail.com ma keygennya yah thank you berat boz

sukiman mengatakan...

MAS, mau tanya, saya sudah mengikuti semua petunjuk MAS, setelah saya burn menjadi vcd, terus saya putar di vcd player saya, tapi kok pada saat saya menekan tombol L/R untuk menghapus vokalnya kok gak bisa yah!!! punya MAS bisa gak?

larics_hartan mengatakan...

wah ini yang saya cari.bisa dikirim gak mas softwarenya...skalian serial numbernya ya,,,,

saya mau coba...

makasih buanget!!!!!!!

larics_hartan mengatakan...

mas jangan lupa kirim ke larics_hartan@yahoo.com

makasih

Ogata Sisky Slive (Slippe) mengatakan...

Waduh kalo masalah kirim-mengirim gituan saya takut kena copyright nanti. :D

Tapi kalo pada mau mas, bisa silahkan cari di www.cracksearchengine.net untuk keygennya

DI situ lumayan lengkap koq ^^

Kalo softwarenya saya download dari www.download.com
Semua software yang saya sebutin di post ada semua di situ ^^

mamang mengatakan...

bos..cara ngilangin suara di mp3 gimana..jawab ya di mamangjoni@gmail.com

Anonim mengatakan...

@mamang : wah sulit mas. Sampai saat ini sepertinya belum ada software yang bisa mengeliminasi secara menyeluruh suara penyanyi di mp3. Yang ada baru bisa buat ngecilin suara doang. Pakenya Dart Karaoke Studio. Cari aja di www.download.com

BloodyMosquito mengatakan...

Mas....sy baru coba nech...

gmn caranya klo mo bikin VCD karaoke...

klo itu yg diajarkan kan hanya file mp3 dan text aja....

thanks

reply ericklee1922@yahoo.co.id

Anonim mengatakan...

[B]NZBsRus.com[/B]
Forget Crawling Downloads Using NZB Downloads You Can Instantly Find High Quality Movies, Console Games, MP3 Albums, Software and Download Them @ Accelerated Speeds

[URL=http://www.nzbsrus.com][B]Usenet Search[/B][/URL]

Anonim mengatakan...

bozz,, ,,
klo bsa minta link buat download smua sftwarenya y!!

1 lagi bos kalo yg di bkin tu lgu mp3 bias,, gmn cra ngilangin swara vcal'y!!!

thanxz bgt boz ilmu'y sngt brmnfaat!!!

rplly to: dena_c8@hilarious.com
di tnggu...

Anonim mengatakan...

mas bleh mnta link download software2'y!!
trus cara ngilangn suara vocal'y gmn mas???


mksh bngt mas,, ,, ilmu'y bgus bngt tuh...

replly to: dizes_90@yahoo.co.id

Anonim mengatakan...

Kalo mau Ngecilin Suara Vokalnya bisa Pake Cool Edit Pro

Disitu Ada Fasilitasnya Remove Vocal

Selama Saya Pakai, Lagu2 POP/Rock Bahkan aku Coba Lagu Underground Pun Bisa, One Click Aja Udah Ilang
Kalo Lagu2 Reggae / Hip-Hop Rada Butuh Proses Lagi.. ( Yang Ilang Malah Voice Bass Nya )

Sekedar Share Aja Bung ^_^
Salam Hormat

Anonim mengatakan...

top [url=http://www.c-online-casino.co.uk/]uk online casino[/url] brake the latest [url=http://www.casinolasvegass.com/]online casino[/url] manumitted no set aside reward at the chief [url=http://www.baywatchcasino.com/]online casinos
[/url].

 
>