13 Agustus 2007

7 Besar Dalam Kacamata Saya

Konser Mamamia Show babak 7 besar kemarin, kembali "memakan korban". Kali ini pasangan yang harus menerima kenyataan pahit adalah Ribka dan Mama Nanie. Pasangan ini tereksekusi setelah dinyatakan masuk zona kritis oleh dewan eksekutor, dan hanya dipilih oleh 46 juri vote lock dalam proses voting. Sementara, dua pasang mamamia lain yang juga ikut menemani Ribka dan Mama Nanie di zona kritis adalah pasangan Ecca dan Mama Nita serta pasangan Nadia dan Mama Sofi.
Mamamia Show babak 7 besar kali ini kembali dilangsungkan di Balai Sarbini, setelah minggu lalu sempat dilangsungkan di Britama Sport Mall Kelapa Gading.
Tanpa banyak berbasa-basi lagi, saya akan mereview satu-persatu penampilan mereka. Ini dia...

Fiersha
Fiersha, untuk pertama kali dari sepanjang konser Mamamia Show yang sudah berlangsung, mendapat kesempatan untuk menggoyang Balai Sarbini sebagai penampil pertama. Setelah minggu lalu sempat "membuat kejutan" dengan berusaha menampilkan sedikit koreo di atas panggung, kali ini Fiersha kembali ke kebiasaan lama. Dengan lagu Tanpa Kekasihku, yang beraliran slow, Fiersha kembali mempertontonkan gaya monotonnya, diam, standstill di atas panggung. Terus terang saya sedikit kecewa karena dengan lagu slow yang dibawakannya, ia (mau tidak mau) kembali memilih bernyanyi tanpa koreo.
Ahmad Dani bahkan sempat berpesan pada Fiersha, agar ia membawakan lagu yang lebih gembira minggu depan. Tentu saja Ahmad Dani sama seperti saya, ingin melihat Fiersha bergoyang di atas panggung.
Terlepas dari stage actingnya yang monoton itu, kualitas vokal Fiersha semakin terasah dan berkualitas saja.
Maklum, lagu-lagu slow memang sudah menjadi "makanannya" sehari-hari.

Ribka
Ini dia! Penampil yang sudah saya tunggu-tunggu dari awal. Menarik memang untuk menyimak sepak terjang Ribka kali ini, apakah dia mampu kembali bangkit dari kondisi terpuruknya minggu lalu.
Seperti yang sudah saya ramalkan memang, bahwa sepertinya kejadian minggu lalu akan sangat sulit dilupakan dan akan masih terbawa sampai minggu ini. Dan ini tentu saja akan sangat berpengaruh pada performancenya di atas panggung.
Pemilihan lagu Mahadaya Cinta yang dinyanyikan Ribka kali ini, saya anggap sebagai sebuah "bom bunuh diri", mengantarkannya tidak hanya ke zona kritis, tapi juga ke zona eksekusi.
Kemampuan vokal Ribka yang powerfull, sama sekali tidak terlihat dengan lagu Mahadaya Cinta.
Pun, busana yang dikenakan Ribka kali ini semakin tidak jelas saja konsepnya.
Tidak seperti biasanya, "sang macan" Mama Nanie tidak banyak memberi tanggapan atas komentar para eksekutor. Dia lebih banyak diam, pasrah, dan menerima kritikan-kritikan dari para eksekutor daripada mengomentari balik kritikan-kritikan itu. Memang begitulah seharusnya!

Nadia
Penampilan Nadia mulai membaik dari minggu lalu. Untuk kali ini, Mama Sofi, kembali memilihkan lagu yang slow, yakni Masih Ada. Yap...memang dengan lagu slow, kemampuan vokal Nadia bisa lebih dimaksimalkan, terutama vibra yang menjadi khasnya.
Busana dan style rambut baru-nya benar-benar satu kepaduan yang sangat pas. Sangat enak dilihat!
Tapi, sudah menjadi ciri khas Mama Sofi, selalu saja ada tambahan-tambahan di atas pangung yang menurut saya berlebihan.
Ingat, ini panggung menyanyi! Bukan panggung drama!

Ecca
Entah karena takut jika penonton merasa bosan, atau karena ingin membuat surprise, sehingga Mama Nita lebih memilih untuk lebih mendewasakan Ecca melalui busana yang dikenakannya.
Busana yang dikenakan Ecca kali ini tidak seperti biasanya. Dengan kemeja warna merah dan dihiasi oleh dasi berwarna emas, Ecca sudah seperti eksekutif muda saja.
Dari segi pemilihan lagu juga saya nilai kurang tepat. Lagu Sahabat milik Audy yang dibawakan Ecca kali ini, sempat membuat saya khawatir. Maklum saja, di lagu ini ada nada rendah yang sepertinya kurang bisa dikuasai Ecca dengan baik.
Nah, walaupun penampilan Ecca menurun minggu ini, tapi setidaknya masih ada satu hal positifnya. Di atas panggung, Mama Nita mampu menghadirkan suasana persahabatan (sesuai dengan tema lagu) dengan menghadirkan para gadis-gadis yang terlihat sedang berkumpul-kumpul dan saling bercengkrama dengan teman-temannya. Yang membuat saya semakin suka lagi, para gadis-gadis ini berkumpul membentuk formasi lingkaran sehingga kesan persahabatan-nya semakin kentara sekali. Brilian Mama Nita!

Mytha
Mytha kembali menerima penghargaan putri berpenampilan ekstra, untuk kedua kalinya. Dan kali ini, pilihan eksekutor sama dengan pilihan saya.
Sebenarnya tidak ada yang istimewa dari penampilan Mytha kali ini. Suaranya tetap bagus seeprti biasanya. Begitupun dari segi busana yang dikenakannya. Lagu Bintang-bintang yang dibawakannya kali ini pas dengan vokalnya, terlebih lagi karena lagu ini sudah diaransemen ulang dengan tempo yang diperlambat.
Saya, dan mungkin juga para eksekutor, memilih Mytha sebagai best performer karena penampilannya lebih stabil jika dibandingkan dengan peserta lainnya yang banyak mengalami penurunan.

Margareth
Entah apa yang ada di benak Margareth dan Mama Saidah dalam mempersiapkan penampilannya kali ini...
Mungkin karena sudah yakin bakal lolos ke babak 6 besar, mereka jadi lebih berani bereksperimen dengan mencoba lagu yang memiliki beat cepat, yang belum pernah dicoba sebelumnya.
Sebuah eksperimen yang menurut saya gagal, karena dengan lagu I Love You yang dibawakan kali ini tidak mampu memaksimalkan kualitas vokal Margareth.
Tapi setidaknya masih ada satu hiburan yang bisa kita ambil dari penampilan Margareth kali ini, yaitu busana millenium dan koreo yang sangat pas dengan lagunya.
Saya suka sekali dengan gerakan patah-patah yang diperagakan Margareth di awal lagu. Mantap bung...!!

Ajeng
Rasa percaya diri Ajeng sudah kembali tumbuh di penampilannya kali ini. Hal ini tentu saja patut diwaspadai oleh para peserta lain.
Sayangnya, pasangan Ajeng dan Mama Cindy kurang hati-hati dalam memilih lagu. Walhasil, lagu Yakin milik Radja tidak dapat mengeluarkan kualitas maksimal dari vokalnya. Meskipun begitu, Ajeng terlihat nyaman menyanyikan lagu tersebut. Hal ini dapat terlihat dari caranya berkomunikasi dengan audience, dengan mengajak para penonton bernyanyi bersama dengannya.
Penampilannya yang lepas seperti ini, bisa menjadi modal bagi Ajeng dalam perjalanannya menuju ke babak selanjutnya.

Statistik penampilan mereka :

Format :
Nama Kontestan
Lagu yang Dibawakan
Nilai dari Saya
Zona Kritis
Nilai dari Juri Vote Lock

Fiersha
Tanpa Kekasihku
8 / 10
Tidak
-

Ribka
Mahadaya Cinta
6 / 10
Ya
46 (Tereksekusi)

Nadia
Masih Ada
8 / 10
Ya
63

Ecca
Sahabat
7 / 10
Ya
76

Mytha
Bintang-bintang
8 / 10 (putri berpenampilan ekstra)
Tidak
-

Margareth
I Love You
7 / 10
Tidak
-

Ajeng
Yakin
7 / 10
Tidak
-

Tidak ada komentar:

 
>