16 Agustus 2007

6 Besar Dalam Kacamata Saya

Semangat kemerdekaan mewarnai konser ke-9 Mamamia Show kali ini. Wajar, mengingat konser kali ini berlangsung menjelang HUT RI ke-62.
Dan di konser yang ke-9 ini, jutaan pemirsa di rumah dan penonton di Balai sarbini menjadi saksi tereksekusinya pasangan Nadia dan Mama Sofi.
Selain pasangan Nadia dan Mama Sofi, 2 pasangan lain yang juga masuk zona kritis adalah pasangan Ecca dan Mama Nita, dan pasangan Mytha dan Mama Ani.
Oke, langsung saja kita review satu-persatu penampilan para peserta!

Mytha (Lagu : Ku Tak Bisa / Nilai dari saya : 7,75 / Zona Kritis : Ya / Lolos : Ya)
Mytha tampil agak mengejutkan pada episode kali ini. Setelah selama ini dia selalu akrab dengan lagu jazz atau lagu-lagu yang diaransemen ulang dengan lebih jazzy, Mytha malah memilih untuk meng-aransemen lagu Ku Tak Bisa menjadi lebih berirama reggae.
Saya tidak bisa mengatakan eksperimen ini berhasil, karena di awal lagu saya cukup banyak mendengar nada-nada yang sedikit fals.
Eksekutor Ahmad Dhani bahkan sampai mengatakan penampilan Mytha kali ini adalah yang terburuk.
Meskipun begitu, dari segi vokal, kualitas Mytha memang tetap seperti biasanya. Memukau...!!
Hanya saja memang, kualitas vokal memukau apabila tidak ditunjang dengan pemilihan lagu yang tepat, maka yang terjadi adalah performa si penyanyi kurang bisa mempesonakan para penonton.

Ecca (Untuk Pertama Kali / 8 / Ya / Ya)
Penampilan Ecca sudah kembali seperti biasanya, cute...!!
Hal ini tercermin dari make-up dan busana yang dikenakannya. Sementara untuk lagu, kali ini dia tampil membawakan lagu lebih dewasa. Ya, memang tidak ada pilihan bagi pasangan Ecca dan Mama Nita, karena tema lagu untuk konser kali ini adalah lagu-lagu yang dibawakan oleh band.
Yang cukup mengagumkan dari penampilan Ecca, ia mampu membawakan lagu Untuk Pertama Kali sama bagusnya dengan penyanyi aslinya, Kerispatih.
Meskipun begitu, menurut saya Ecca tetap lebih cocok menyanyikan lagu-lagu remaja.

Margareth (Kejujuran Hati / 9,5 (penampilan ekstra) / Tidak / Ya)
Menurut saya, penampilan Margareth kali ini adalah yang terbaik dari seluruh penampilannya selama ini.
Lagu Kejujuran Hati yang dibawakan oleh Margareth kali ini, bahkan jauh lebih bagus dari yang dibawakan oleh penyanyi aslinya, Kerispatih.
Kualitas vokal yang menakjubkan dipadu dengan pemilihan lagu yang cocok, dan masih ditambah lagi aransemen yang brilian, menghasilkan sebuah perpaduan yang luar biasa. Enak untuk didengar....
Tidak perlu diragukan lagi, inilah kualitas seorang calon jawara Mamamia!

Nadia (Nirwana / 7 / Ya / Tidak)
Memang benar apa yang dikatakan oleh eksekutor Helmy Yahya. Selama ini memang Nadia belum terlihat memiliki ciri khas dari segi vokal. Suaranya memang merdu, tapi sepertinya kemerduan suaranya belum menemukan peak-nya. Hal ini banyak disebabkan oleh kesalahan dalam pemilihan lagu. Dan untuk kali ini, lagi-lagi Nadia salah pilih lagu. Sebab lagu Nirwana yang dibawakannya memang tidak akan dapat dinyanyikan secara merdu, seperti yang dikatakan oleh eksekutor Ahmad Dhani.
Di episode kali ini, seperti biasa, Nadia kembali merasakan panasnya ada di zona kritis. Namun tidak seperti biasanya, Nadia dan Mama Sofi harus "say goodbye", karena nilai 63 yang diperolehnya tidak cukup untuk menghindarkan diri dari eksekusi.

Ajeng (Hanya Ingin Kau Tahu / 8,25 / Tidak / Ya)
Rasa percaya diri Ajeng dalam bernyanyi di atas panggung semakin tumbuh. Dan hasilnya, Ajeng menemukan puncak penampilannya selama ini, di episode kali ini. Itulah komentar eksekutor Helmy Yahya terhadap penampilan Ajeng.
Saya rasa perkataan Helmy Yahya itu memang benar. Pemilihan lagu yang dibawakannya kali ini memang begitu pas dengan karakter vokal Ajeng. Busana yang dikenakan juga membuatnya tampil cantik.
Namun dari sisi-sisi positif yang menghiasi performa Ajeng kali ini, masih ada kritikan yang perlu diperhatikan untuk ke depannya. Menurut eksekutor Sophia Latjuba, Ajeng terlihat sedikit lebih gemuk malam itu. Nah, bagaimana itu Mama Cindy?

Fiersha (Aku Masih Sayang / 8,5 / Tidak / Ya)
Fiersha menepati janjinya minggu lalu, untuk lebih menampilkan koreo di atas panggung pada konser kali ini.
Dan hasilnya, keceriaan di bangku juri vote lock, eksekutor, dan bangku para suporter pun menyeruak ke seantero Balai Sarbini.
Sangat menghibur...
Itulah satu-satunya yang saya bisa katakan.
Dari segi vokal, Fiersha tetap bagus seperti biasanya. Sementara dari segi busana, balutan warna ungu pada busana Fiersha menjadikannya tampil cantik malam itu, dan kelihatan sedikit berbeda dari biasanya.

Tidak ada komentar:

 
>