13 Agustus 2007

Preview 7 Besar Mamamia Show

Rasanya persaingan para peserta Mamamia Show di babak 7 besar nanti akan semakin memanas. Akan semakin sulit untuk menentukan siapa-siapa yang bakal tereksekusi nantinya.
Semuanya bakal tergantung pada persiapan para peserta itu sendiri. Jika dalam latihan mereka kurang serius, maka hasil mengecewakan yang bisa berujung pada eksekusi, bisa saja mereka dapatkan.
Mereka-mereka yang langganan ada di zona aman pun belum tentu bisa tenang. Sebab sudah terbukti, mereka-mereka yang diperkirakan tidak bakal terseret ke zona kritis, ternyata bisa juga masuk ke "jurang" itu. Ambillah contoh penampilan Ajeng pada episode ke-5 babak 9 besar yang lalu. Kemudian Ribka, putri yang pernah satu kali menyabet gelar penampilan ekstra, ternyata bisa juga masuk ke zona kritis pada babak 8 besar.
Semua itu menggambarkan betapa sengitnya persaingan antar peserta Mamamia Show.

Ajeng
Oleh dewan eksekutor, Ajeng dianggap telah kehilangan "sentuhannya" selama dua minggu ini. Dia tidak lagi bernyanyi seperti pada minggu-minggu sebelum ia pertama kali masuk zona kritis.
Membaiknya penampilan Ajeng pada babak 8 besar kemarin pun masih diiringi catatan dari para eksekutor tentang kehati-hatiannya dalam bernyanyi. Benarkah ia sedang gundah?
Well...apapun perasaannya saat ini, sepertinya hal itu tidak boleh mengacaukan persiapannya untuk menghadapi konser babak 7 besar Selasa depan.
Sebab jika ia kembali bernyanyi dengan penuh kehati-hatian seperti pada Selasa kemarin, bukan tidak mungkin ia akan terjerembab ke zona kritis untuk kedua kalinya.
Tetap percaya pada lagu pilihan sang mama, nampaknya bisa menjadi kunci keberhasilan untuk menembus babak 6 besar.
Asalkan bisa bernyanyi dengan lepas, tanpa beban, sepertinya langkah Ajeng masih belum bisa terhenti di babak ini.

Ecca
Membaiknya penampilan Ecca menjadi sebuah ancaman yang cukup serius bagi enam peserta lainnya. Terlebih lagi, pasangan Ecca dan Mama Nita bukan hanya sudah menemukan style bernyanyi yang tepat bagi Ecca, melainkan juga pilihan lagu-lagu yang cocok dinyanyikan Ecca.
Bisa dibayangkan, dengan kondisi demikian, Ecca akan selalu mampu menampilkan peak performancenya di setiap minggunya.
Saya masih menantikan Ecca membawakan lagu-lagu Gita Gutawa yang lain, khususnya Kembang Perawan.

Fiersha
Perubahan positif ternyata juga sudah mulai ditunjukkan Fiersha, Putri Mama Ace ini saya nilai sudah mulai sedikit demi sedikit menampilkan goyangnya di atas panggung. Di episode mendatang saya harapkan trend positif ini masih akan dilanjutkan dan bahkan ditingkatkan.
Selain masalah gerak atau koreografi, masalah busana juga harus mendapat perhatian ekstra dari Mama Ace. Sementara untuk vokal dan pemilihan lagu, saya rasa sudah tidak ada masalah.
Untuk episode mendatang, saya tetap yakin Fiersha dan Mama Ace akan kembali lolos dengan mudah ke babak selanjutnya.

Margareth
Kegagalan Margareth mempertahankan gelar "Penampilan Ekstra" pada episode lalu, menandakan bahwa meski sudah bagus, tapi tetap saja ada yang mesti harus diperbaiki dalam penampilannya. Eksekutor Helmy dan Sophie menyoroti masalah stage act-nya yang dinilai terlalu mesra dan berlebihan, sehingga kurang enak untuk ditonton terutama oleh anak-anak.
Kalau ia ingin merebut gelar tersebut kembali, hal ini nampaknya mesti mendapat perhatian oleh Mama Saidah selaku sang manager.
Dengan kualitas vokal yang tidak perlu diragukan lagi, Margareth kembali saya jagokan untuk merebut gelar penampilan ekstra.

Mitha
Mytha adalah favorit saya untuk merebut juara Mamamia Show. Apalagi setelah penampilan kemarin, Mytha mampu membawakan jenis lagu yang selama ini belum pernah mereka bawakan. Gayanya pun dapat begitu menyesuaikan dengan lagunya. Dari segi busana, saya rasa tidak ada masalah dengan Mytha. Hanya saja busana dengan type gaun sepertinya memang lebih cocok daripada jenis busana lain.
Yang menjadi sedikit masalah menurut saya pemilihan lagunya. Meskipun suaranya yang indah dapat menaklukan lagu apa saja, tapi jika ia bisa membawakan lagu-lagu sendu dengan baik akan lebih mudah baginya untuk mempesonakan juri vote lock dan eksekutor.
Untuk episode besok, Mytha akan kembali menjadi pesaing terberat bagi Margareth dalam perebutan gelar "Berpenampilan Ekstra".

Nadia
Dari enam episode Mamamia Show yang sudah dilewati, Nadia tercatat empat kali berada di zona kritis. Hal tersebut tentu merupakan sesuatu yang kurang menggembirakan bagi mereka. Masalahnya penampilan Nadia belum stabil dan konsisten. Ia tercatat pernah dua kali tampil cemerlang, ketika membawakan lagu Aku tak Mau Sendiri dan lagu Galau, dan tercatat empat kali tampil mengecewakan, terutama ketika membawakan lagu Pudar yang dianggap sebagai sebuah kesalahan oleh eksekutor.
Masalah utama yang menyebabkan penampilan Nadia naik turun seperti itu menurut saya adalah pemilihan lagunya. Lagu Galau dan Aku tak Mau Sendiri saya nilai sangat pas dengan karakter vokal Nadia, sehingga mampu mengangkat penampilan Nadia secara keseluruhan.
Kalau ingin tidak sampai kembali ke zona kritis, Mama Sofi harus kembali berpikir keras dalam menentukan lagu serta konsep yang pas buat penampilan Nadia besok.
Untuk episode Selasa besok, saya memprediksikan Nadia akan kembali masuk ke zona kritis. Tapi lagi-lagi sepertinya juri vote lock akan kembali menyelamatkannya dan mengantarkannya ke babak berikutnya.

Ribka
Kejadian tidak menyenangkan yang dialami Ribka Selasa lalu, bisa mempengaruhi persiapannya dalam menghadapi konser Mamamia Show mendatang. Trauma akan kesalahan-kesalahan yang dibuat pada episode sebelumnya pastilah selalu ada di benak tiap peserta, terutama Ribka, yang membuat kesalahan paling besar pada Selasa lalu dengan matinya microphone yang akan digunakan.
Jika ingin terus tetap bertahan di Mamamia Show, Ribka haruslah dapat memulihkan kondisi psikisnya yang pasti terguncang setelah penampilan kurang menyenangkannya pada Selasa lalu.
Di babak 7 besar yang akan berlangsung pada hari Selasa (7/8) besok, saya prediksi Ribka akan kembali masuk zona kritis.
Jika itu sampai terjadi, maka peluangnya untuk tereksekusi cukup besar.

Overall :
Di babak 7 besar ini, tidak boleh lagi ada kata santai dan tidak serius dalam persiapan. Kesalahan sekecil apapun bisa berakibat eksekusi.
Saya punya 3 nama yang saya prediksi akan masuk zona kritis, yakni Ecca, Nadia, dan Ribka. Ecca dan Nadia akan terselamatkan oleh juri vote lock, sementara Ribka akan menyusul Ratu, Anti, Cinta, Sheila, Disti, dan Vira, tersingkir dari perhelatan Mamamia Show ini.
Sedangkan untuk gelar "Penampilan Ekstra" saya prediksi akan direbut oleh Margareth atau Mitha.
Ini hanyalah sebuah prediksi saja. Bisa benar, namun tak menutup kemungkinan juga bakal meleset

Tidak ada komentar:

 
>