13 Agustus 2007

Rekaman dari Rumah Anda

Bernyanyi. Pasti banyak di antara kita yang hobi bernyanyi. Meski suara tidak terlalu bagus, tapi dengan bernyanyi seolah semua penat, beban yang melekat di pikiran kita bisa begitu saja terlepas. Peluang bisnis yang berangkat dari hobi inipun bermunculan saat ini di mana-mana. Mulai dari bisnis karaoke, sampai ke bisnis studio rekaman.

Bagi kita yang memiliiki hobi menyanyi bisa mengunjungi tempat karaoke untuk bernyanyi dan bersantai. Atau bagi yang yakin dengan kemampuan vokalnya bisa langsung membuat album rekaman di studio-studio rekaman yang banyak kita jumpai di kota-kota besar.
Tapi, semua itu lagi-lagi membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bagi mereka yang tidak mau keluar duit banyak saya memiliki satu alternatif yang mungkin bisa dicoba.

Alternatif yang saya tawarkan adalah bernyanyi dan bahkan membuat album rekaman, langsung dari rumah anda, dari komputer anda. Dalam hal ini anda membutuhkan komputer yang dilengkapi dengan input suara (microphone), lagu-lagu mp3 favorit anda yang ingin anda nyanyikan, dan yang terpenting adalah software karaoke dan software untuk mengedit audio.
Untuk microphone, agar hasilnya lebih maksimal mungkin anda bisa menggunakan microphone yang memiliki kualitas bagus, walaupun harganya sedikit mahal. Tapi jika anda tidak mau keluar banyak uang, maka microphone standard karaoke (microphone yang diberikan gratis ketika anda membeli VCD player) juga tidak menjadi masalah. Sementara untuk software karaoke dan software audio editor anda bisa menggunakan merk apa saja. Tetapi di sini saya menggunakan software karaoke Dart Karaoke Studio CDG dan software EXP Audio Editor sebagai alat untuk mengedit audio.
Kedua software ini dapat anda search dan download melalui situs www.download.com

Ada beberapa proses yang harus anda lakukan untuk membuat rekaman melalui komputer anda. Proses pertama adalah melakukan perekaman suara. Dart Karaoke Studio menyediakan fasilitas untuk itu, melalui sub-program Dart Karaoke Author. Sebelum melakukan proses pertama, anda harus menyiapkan lagu MP3 yang ingin anda nyanyikan dan tak lupa syair dari lagu tersebut (formatnya .txt).Pertama-tama masuklah ke Dart Karaoke Author. Pilih Open Soundtrack (tombol bergambar koper terbuka dan nada), setlah itu pilih Import Lyric (di sebelah kanan open soundtrack).
Mainkan lagu dengan mengklik All (ada di bagian kanan), dan sekaligus juga sinkronisasikan juga antara lagu dengan teksnya dengan mengklik Set Flag (juga ada di bagian kanan) pada saat syair tersebut dilantunkan. Hal yang perlu anda perhatikan pada saat mensinkronisasikan lagu dengan syairnya adalah timing. Dan pastikan pilihan Synchronization Level-nya (lihat pada bar bagian kanan) ada di Word.

Setelah anda selesai mensinkronisasikan teks dengan lagu, maka anda siap memulai rekaman. Sebelumnya, pastikan dulu bahwa methode recording adalah melalui microphone dan bukan mixed output (dapat anda atur melalui volume control)
Klik Recorder/Player (ikon bergambar microphone), maka anda akan sampai ke sebuah layar dengan barisan teks dengan sederetan tombol-tombol di antaranya tombol play, pause, stop, record.
Jika anda ingin berlatih terlebih dahulu, maka anda bisa mengklik tombol play, atau jika anda sudah siap anda bisa langsung mengklik tombol record dan mulai bernyanyi. Jika lagunya sudah selesai maka fasilitas autostop pada program ini akan mengakibatkan proses perekaman akan berhenti secara otomatis setelah lagu selesai dimainkan. Pada saat anda melakukan proses rekaman di tahap ini, maka performa komputer anda sangat menentukan. Jika performa komputer anda sama seeperti saya (yaitu RAM rendah, dan sound memory juga rendah), maka pada saat rekaman komputer akan sedikit lag.Hal ini tentu akan mempengaruhi timing pada saat proses mixing suara anda dengan lagu asli (akan dijelaskan kemudian).
Jika kondisi lag ini tidak terjadi pada komputer anda, maka setelah selesai rekaman anda dapat langsung masuk ke tahap / proses kedua yakni tahap mixing. Tapi jika hal ini terjadi pada komputer anda, maka kita akan melakukan proses rekaman ini dengan cara lain.

Alternatif lain dalam melakukan proses perekaman suara anda adalah dengan mempergunakan sound recorder merk apa saja.
Siapkan lagu yang ingin anda nyanyikan dan teksnya bila anda memerlukan. Sekali lagi pastikan pilihan record methode-nya melalui micrphone dan bukan mixed output.Klik tombol pada recorder anda terlebih dahulu baru play lagu yang ingin anda mainkan dan bernyanyilah. Stop jika anda sudah selesai merekam.
Setelah selesai dan hasil rekaman disave, maka kita akan memulai proses kedua yakni proses mixing suara.

Pada proses kedua, mixing suara, suara anda yang sudah direkam tadi akan dimix ke dalam file MP3, sehingga menghasilkan sebuah lagu, yang biasanya dinyanyikan oleh penyanyi aslinya, kini dinyanyikan oleh anda sendiri. Proses kedua ini akan saya bagi ke dalam tiga tahap, yakni tahap de-vocalizing mp3 anda, tahap editing suara yang sudah anda rekam tadi, dan tahap mixing suara. Singkatnya, saya membagi proses ini ke dalam tahap De-vocalizing, tahap Editing, dan tahap Mixing.
Pasti banyak dari anda yang bertanya-tanya, apa itu De-Vocalizing? De-vocalizing adalah tahap pereduksian/pengeliminasian suara penyanyi asli yang terdapat pada file MP3 anda, sehingga setelah dimixing hanya terdengar suara musik aslinya dan suara anda. Untuk itu kita butuh software yang kompeten dalam hal ini. Software apa saja (yang berfungsi sama) dapat anda gunakan. Tapi jika anda masih kesulitan menemukan softwarenya, maka mari kita pergunakan saja kembali Dart Karaoke Studio CDG, dengan sub-program Dart karaoke Author. Untuk proses De-vocalizing saya sebeanrnya tidak terlalu menganjurkan software ini karena proses de-vocalizing melalui software ini tidak menghilangkan suara penyanyi aslinya, melainkan hanya mereduksi suara penyanyi asli.
Dart Karaoke Author memiliki fitur De-vocalizing (icon bergambar mulut dicoret). Anda bisa mengecilkan suara penyanyi aslinya dengan menyeret bar Attenuation ke kanan (semakin ke kanan akan semakin memperkecil suara penyanyi asli). Dan aturlah bass dan treblenya agar menghasilkan suara yang anda inginkan. Bar Enchance Stereo berguna untuk mempertegas kekuatan bass dan treble. Sementara bar Channel Balance untuk mengatur keseimbangan suara antara speaker kiri dan speaker kanan. Anda bisa mengetes hasil pengaturan anda dengan mengklik tombol Play Result. Setelah anda merasa puas, savelah hasilnya dengan mengklik tombol Process. Maka proses De-vocalizing dengan mempergunakan Dart Karaoke Author-pun selesailah. Selanjutnya kita akan masuk ke tahap editing suara.
Pada tahap ini, saya mempergunakan software EXP Audio Editor (dapat anda download secara gratis melalui situs www.download.com)
Sebenarnya tanpa melalui tahap inipun anda dapat langsung masuk ke tahap mixing. Tapi hasil mixingnya akan terdengar tidak bagus. Sebab antara musik dan suara anda akan terdengar seperti tidak menyatu. Kecuali jika anda mempergunakan peralatan recording yang berkualitas. Saya sendiri melakukan tahap editing ini untuk mencapai dua tujuan, yakni agar antara musik dan suara saya terdengar menyatu, dan agar syair yang saya nyanyikan (timingnya) tidak terlalu cepat atau terlalu lambat dari yang semestinya. Intinya saya ingin menyeimbangkan suara saya dengan musik baik secara "vertikal (luar-dalam)" dan secara "horizontal".
Masalah utama melakukan proses perekaman dengan mempergunakan cara kedua (dengan mempergunakan sound recorder biasa) adalah masalah timing. Pastilah setelah dimix nantinya kita akan mendapati suara kita lebih terlambat dari yang semestinya (hal ini dapat terjadi jika kita menekan tombol record terlebih dahulu baru kemudian menekan tombol play pada mp3 player) atau lebih cepat dari yang semestinya (jika kita menekan tombol play pada mp3 player kita baru setelah itu kita menekan tombol record). Untuk itulah tahap editing ini diperlukan. Dan tentu saja untuk meng-edit hal tersebut, kita butuh EXP Audio ditor (atau software lain sejenis). Jika suara kita (timingnya) lebih lambat dari yang seemstinya (gunakan suara penyanyi aslinya sebagai patokan), maka anda bisa mendelete beberapa detik awal dari rekaman suara kita agar bisa terdengar lebih pas.
Tapi jika yang terjadi adalah (timing) suara kita lebih cepat dari yang semestinya, maka anda bisa menambah silence beberapa detik pada awal mp3-nya, atau mendelete beberapa detik awal mp3 kita. Saya sangat tidak menganjurkan kepada anda untuk men-delete awal pada mp3, karena bagian awal musik bisa ikut ter-delete.

EXP audio Editor, selain memiliki fungsi untuk men-delete dan menambah silence pada file sound anda, dapat juga menambah efek -efek di antaranya Echo (gema), Vibrato, mempercepat tempo lagu, mengubah (memperbesar atau memperkecil) nada suara anda, dan efek-efek lainnya yang dapat memperindah hasil rekaman anda. Yang lebih mengesankannya lagi, software ini dapat diunduh dan digunakan secara gratis.

Kembali ke topik, sekarang kita akan memasuki tahap ketiga, yakni tahap Mixing. Pada tahap mixing ini saya asumsikan anda sudah memiliki file mp3 yang sudah di de-vocalizing dan hasil rekaman yang sudah anda anggap cukup sempurna. Untuk proses mixing ini kita kembali akan mempergunakan Dart Karaoke Author yang merupakan sub-program dari Dart Karaoke Studio CDG.Buka Dart Karaoke Author, dan Open Soundtrack file mp3 anda yang sudah di de-vocalizing tadi. Setelah itu klik Producer (icon pilihannya berada di antara icon De-vocalizing dan icon Recorde/Player). Akan terbuka sebuah menu dengan berbagai pilihan dan dua buah bar. Di bagian atas ada dua buah tombol change yang berjajar secara vertikal. Klik tombol change yang berada di bawah (sejajar dengan tulisan Input File 2) dan pilihlah file rekaman anda yang sudah diedit tadi. Klik play result untuk mendengarkan mixing-nya. Sambil mendengarkan, gunakan dua buah bar yang ada di atas Play Result, untuk mengatur volume antara suara anda dan musik. File 1 merupakan source dari file mp3 anda dan file 2 merupakan source dari hasil rekaman anda. Setelah anda puas, savelah dengan mengklik Process, sekaligus juga mengakhiri proses kedua kita.

Kini anda telah memiliki file lagu yang sudah dimix dengan suara anda dan berarti anda sudah memiliki sebuah lagu yang sudah anda nyanyikan sendiri. Tapi ingat, file hasil mixing tadi hanya bisa disave ke dalam format .wav. Format .wav memang memiliki kualitas suara yang bagus, namun kelihatannya untuk lagu format ini sama sekali tidak familier karena akan memakan tempat yang besar di hardisk anda. Sehingga anda perlu meng-convert file tersebut ke dalam format yang lebih familier untuk sebuah lagu, yakni .mp3.Karenanya pada proses ketiga atau proses terakhir saya namakan proses converting.Untuk meng-convert, anda bisa mempergunakan software converter apa saja yang bisa mengconvert .wav ke .mp3.Atau anda dapat juga mempergunakan Software yang saya gunakan, yakni Advanced CD Ripper Pro.Setelah anda mengconvert ke .mp3, maka kini anda memiliki lagu yang sudah anda nyanyikan sendiri yang bisa anda putar di mp3 player anda.

Nah, bagaimana? Setelah anda membaca post saya ini, tertarikkah anda untuk mencoba? Selamat mencoba!!

1 komentar:

Moony mengatakan...

sedikit menambahkan, yang paling penting dalam dunia sound engineering adalah kualitas sang sound engineers dalam mengenali alat yang digunakannya dan memahami lagu yang sedang dikerjakan (genrenya).

Mau rekaman dirumah menggunakan alat alat professional dibantu oleh professional sound engineers? kunjungi http:www.airprojectstudio.com.

 
>