14 September 2008

Modifikasi Igo

Mungkin anda merasa jenuh dan bosan dengan permainan igo yang biasa. Boleh saja mencoba beberapa modifikasi ini.

Pairgo

Ini adalah bentuk modifikasi paling umum dimainkan saat ini. Dimainkan secara beregu yang beranggotakan satu cowok dan cewek. Setiap pemain berjalan secara bergiliran. Yang umumnya cewek dulu yang jalan, baru kemudian cowoknya. Cara jalannya : misalkan tim pertama beranggotakan A (cowok) dan B (cewek). Sementara tim kedua beranggotakan C (cowok) dan D (cewek). Tim pertama memegang batu hitam, sementara tim kedua memegang putih. Maka aturan jalannya, adalah B, D, A, C, B, D, A, C, dst.
Mengenai Pairgo, pernah saya bahas dalam artikel sebelumnya. Silahkan dibaca kembali kalau masih kurang jelas.

Team-go

Dimainkan juga secara beregu. Di mana jumlah pemain tiap regu adalah 3-5 orang. Kalau dibuat sampai 5 orang, maka modifikasi igo ini akan seseru DOTA, menurut saya. Keanggotaan tiap regu bebas. Boleh cewek semua, cowok semua, atau campur (cowok cewek).
Lebih seru kalau dimainkan dalam sebuah ruangan khusus.
Untuk gambaran tentang bagaimana ruangan yang saya maksud, silahkan perhatikan gambar di atas. Ruangan tempat bermain adalah yang bernomor 1-10. Ruangan yang bernomor 1-5 adalah ruangan para pemain dari tim yang memegang batu hitam, dan yang bernomor 6-10 dari tim yang memegang batu putih. Posisi duduk setiap pemain adalah menghadap ke arah dinding. Dinding diposisikan sebagai ruangan bersimbol "B". Setiap pemain bisa mengamati kondisi permainan di atas papan (papannya ada di ruang tengah, yang bersimbol "A") lewat sebuah layar monitor yang terhubung ke sebuah komputer Panitia Pertandingan yang bertugas mencatat kifu (game record) dari pertandingan tersebut. Kemudian jika tiba giliran si pemain jalan, maka sebuah lampu sorot di ruangan tersebut akan menyala. Dan kemudian jika dia ingin melangkah maka dia akan keluar melalui pintu yang ada di belakang posisi duduknya,d an menuju ke ruang tengah (yang bersimbol "A). Setelah selesai meletakkan batunya, dia kembali ke ruangannya dan lampu sorot di ruangannya akan padam.
Di tiap-tiap ruangan pemain, dilengkapi dengan sebuah kaca yang bersifat "One way sight" di mana kacanya hanya bisa dilihat dari luar ruangan. Sementara di dalam ruangan akan tampak seperti cermin. Ini untuk menghindari si pemain tersebut berkomunikasi dengan pihak luar pada saat dia berada di dalam ruangan untuk berpikir.

Handicaped Igo

Ini bukan handicap yang seperti dalam permainan igo biasa, di mana pemain putih (yang lebih kuat) mempersilahkan pemain hitam (yang lebih lemah) untuk jalan duluan beberapa langkah sesuai jumlah handicapnya. Handicap yang saya maksud di sini agak lebih condong ke arah handicap seperti pada permainan golf.
Yaitu dengan membuat / mengubah bentuk papan igo lain dari biasanya. Bisa berbentuk segitiga, bisa berbentuk kotak namun di tengahnya bolong, trapesium, jajar genjang, atau bentuk lainnya. Dengan format seperti ini, maka setiap pemain akan membentuk model papan sesuai keinginannya, dan tentu sesuai dengan dia ahli bermain di papan seperti apa. Sehingga nantinya setiap pemain akan mengajak pemain lain tanding igo dengan tambahan frasa kata baru, yakni : "Eh tanding igo yuuk! Tapi pake papanku ya! Papanku yang bentuknya trapesium sama kaki itu lho."

Igo Battle Royale

Ide ini adalah ide yang pernah disampaikan oleh rekan saya, Pranathan T. Sederhana saja idenya. Dia penasaran, apakah sekiranya bisa igo dimainkan tidak hanya oleh dua tim, tapi bisa tiga, empat, lima atau bahkan enam tim. Sehingga nantinya tidak hanya ada batu hitam dan putih saja, tapi ada juga batu merah, batu kuning, batu biru, dan batu hijau. Wew.....menandakan igo bisa jadi kaya Partai Politik aja kan ^^
Mengenai peraturan di modifikasi ini saya sendiri belum menemukan formula yang pas. Jika ada dari teman-teman pembaca yang punya ide bagaimana seharusnya permainan ini berjalan, feel free untuk membagikannya lewat comment di post ini.

Big War Igo

Sederhana saja. Pernahkah anda membayangkan jika igo dimainkan di atas papan 51 x 51? Atau 127 x 127? Atau 1000 x 1000? Ya mungkin anda akan bertanya "Kapan selesainya!?"
Tapi tidakkah ini menarik untuk dicoba? Anda bisa mencoba mulai memainkannya lewat sofwtare Multigo bersama teman anda. Software Multigo sanggup melayani permainan hingga papan 52 x 52

Tidak ada komentar:

 
>