30 Juli 2007

Resensi

Dewasa ini begitu banyak tayangan-tayangan ajang adu bakat menyanyi di televisi. Sebut saja Indonesian Idol di RCTI, KDI di TPI, Pop vs Dangdut di Lativi, Seleb Mendadak Dangdut di ANTV. Dulu pernah ada Akademi Fantasi (AFI) di Indosiar dan Kondang-in di Indoesiar. Namun di antara sekian banyak tayangan-tayangan kontes menyanyi tersebut, ada satu tayangan sejenis yang sangat menarik perhatian saya saat ini, yaitu Mamamia di Indosiar.
Acara yang tidak hanya merupakan ajang adu bakat menyanyi, tapi juga ajang kekompakan antara mama dan putrinya. Sebuah perbedaan yang tidak dimiliki oleh ajang-ajang adu bakat menyanyi yang lainnya. Rangkaian ajang Mamamia diawali dengan audisi yang melibatkan ribuan pasang peserta mama dan putrinya. Para peserta tersebut awalnya disaring sampai terkumpul 75 besar. Dari 75 besar kemudian tersaring lagi sampai 25 besar. Proses penyaringan dilanjutkan
dengan menyaring dari 25 besar hingga kke 10 besar. Proses penyaringan ini ditayangkan secara live di Indosiar pada awal Juni lalu melalui sebuah acara yang bernama "Mamamia Goes Two"
Mamamia Goes Two berlangsung selama lima hari, dari hari Senin hingga Jum'at. Setiap hari ditampilkan lima peserta yang akan diambil dua yang terbaik di antara mereka.

Setelah sepuluh besar pasang peserta terkumpul, lalu panitia memutuskan untuk menambahkan 3 pasang peserta lagi, terambil dari 25 besar yang gagal lolos ke babak 10 besar. Lima belas pasang Mamamia tersebut kemudian diadu lagi dalam sebuah babak yang dinamakan babak playoff, juga ditayangkan di Indosiar.
Lalu akhirnya terkumpullah 13 besar pasang mamamia yang akan mengikuti babak utama "Mamamia Show", tayang setiap Selasa malam pukul 19.00 WIB di Indosiar.
Saat ini Mamamia Show sudah memasuki babak 8 besar. Sudah ada 5 pasang yang terbuang atau istilahnya terksekusi. Mereka adalah Vira, Disti, Sheila, Cinta, dan Anti.

Mamamia Show memang terasa unik buat saya, karena selain mengangkat keakraban antara mama dan putrinya, ajang yang hanya boleh diikuti oleh remaja putri berusia antara 13 - 17 tahun ini juga memiliki sistem penjurian yang berbeda.
Di tengah maraknya sistem penjurian dengan menggunakan SMS dari masyarakat, Mamamia justru berani tampil beda dengan menggunakan 100 juri (istilahnya juri vote lock) yang terambil dari berbagai lapisan masyarakat dan dipastikan tidak ada hubungan kekerabatan dengan peserta.
Penjurian mamamia dilakukan setelah semua kontestan (yang tampil hari itu) bernyanyi.
Mereka harus menyatakan kesukaan atau ketidaksukaan mereka terhadap setiap pasangan yang tampil melalui sebuah tombol yang ada di tempat duduk mereka.
Pada babak Mamamia Goes Two, tugas juri vote lock adalah memilih 2 pasang yang akan maju ke babak selanjutnya. Sementara pada babak playoff, mereka harus memilih satu pasang putri dan mamanya.

Selain dengan juri vote lock, penjurian juga dilakukan dengan melibatkan juri komentator yang disebut eksekutor. Ini hanya terjadi di babak Mamamia Show. Para eksekutor akan memberi komentar pada setiap pasang Mamamia dan di akhir penampilan seluruh peserta, para eksekutor akan memilih 3 pasang peserta untuk masuk ke "zona kritis" dan memilih putri berpenampilan terbaik.
Mereka yang ada di zona kritis akan dipilih (oleh juri vote lock) dua yang terbaik untuk masuk ke babak selanjutnya, dan satu pasang yang harus keluar atau terksekusi.
Para eksekutor, yang terdiri dari empat orang public figure, bertugas untuk memberikan komentar yang berbeda sesuai dengan bidang mereka.
Para eksekutor tersebut terdiri dari
1. Ahmad Dhani (personil DEWA 19), bertugas memberikan komentar tentang vokal masing-masing peserta
2. Arzeti Bilbina (model profesional), bertugas memberikan komentar tentang kostum masing-masing peserta
3. Helmy Yahya (presenter kondang), bertugas untuk memberikan komentar soal manajemen sang mama
4. Sophia Latjuba (pesinetron), bertugas untuk memberikan komentar soal acting masing-masing peserta di panggung

Nah, bagaimana? Setelah anda membaca resensi saya di atas, tertarikkah anda untuk menyaksikannya?
Meskipun gaungnya tidak semeriah Indonesian Idol atau KDI, tapi Mamamia memiliki kualitas yang tidak kalah bergengsinya dengan kedua ajang tersebut.
Jadi pastikan anda menyaksikan Mamamia Show setiap Selasa pukul 19.00 WIB di Indosiar.

Tidak ada komentar:

 
>