26 Oktober 2008

Shougi My Introduction

Permainan shogi mirip seperti catur. Tujuannya juga sama, skak mat raja.
Papan shogi sedikit lebih besar dari catur
Kalo catur 8 x 8 kotak, maka shogi 9 x 9 kotak.

Setiap pemain dibekali 20 pieces, yakni 9 pawn, 1 Bishop, 1 Rook, 2 Lance, 2 Knight, 2 Silver general, 2 Gold general, dan 1 King

Untuk Susunan.
Setiap pemain memakai 3 deret horizontal sebagai markas atau tempat pieces-pieces tersebut diletakkan pertama kali. Kalau catur kan memakai 2 deret, sementara shogi 3 deret.

Susunannya :

Deret pertama (deret terbawah) :
Dari kiri ke kanan : Lance, Knight, Silver General, Gold General, King, Gold General, Silver General, Knight, Lance

Deret kedua (deret di atas deret pertama) :
Dari kiri ke kanan :
-Bishop ditempatkan di atas Knight sebelah kiri
-Rook ditempatkan di atas Knight sebelah kanan

Deret ketiga (di atas deret kedua)
Dari kiri ke kanan : 9 pawn

Movement
Berikut adalah cara bergerak masing-masing buah :
-Pawn bergerak satu langkah maju
-Bishop bergerak diagonal, sama seperti peluncur dalam catur
-Rook bergerak vertikal dan horizontal, sama seperti benteng dalam catur
-Lance bergerak hampir sama dengan Rook, bedanya Lance hanya bisa bergerak maju, tidak bisa mundur maupun bergerak ke samping.
-Knight bergerak hampir sama dengan kuda dalam catur. Bedanya, Knight di shogi hanya bisa bergerak maju dua langkah dan kiri selangkah, atau maju dua langkah dan ke kanan satu langkah.
-Silver General bergerak hampir sama dengan raja dalam permainan catur. Gerakannya hanya selangkah. Bedanya Silver General tidak bisa bergerak ke samping dan ke belakang. Tapi hanya bisa bergerak maju, maju diagonal, dan mundur diagonal.
-Gold General bergerak hampir sama dengan raja dalam permainan catur. Gerakannya hanya selangkah. Bedanya Gold General tidak bisa bergerak diagonal mundur. Tapi hanya bisa bergerak maju, maju diagonal, ke samping, dan mundur.
-King bergerak sama dengan King dalam catur. Dia bergerak selangkah maju, maju diagonal, ke samping, mundur, dan mundur diagonal.

Capture
Apabila di sepanjang jalur pergerakan yang legal dari sebuah piece, terdapat piece lawan, maka piece tersebut boleh meng-capture atau memakan piece lawan yang berada di jalurnya (sama dengan chess). Untuk pawn, hanya bisa mengcapture piece lawan yang berada di depannya.

Promotion
Dalam shogi, setiap piece selain King dan Gold General dapat berpromosi. Promosi dilakukan apabila piece yang bersangkutan bergerak masuk, bergerak di antara, atau bergerak keluar dari zona promosi. Zona promosi yaitu tiga deret teratas.
-Untuk Pawn, Lance, Knight, dan Silver General jika berpromosi maka pergerakannya akan berubah, yakni menjadi seperti gerakan Gold general. Pawn yang berpromosi disebut tokin, sedangkan Lance berpromosi menjadi Promoted Lance, Knight menjadi Promoted Knight, dan Silver menjadi Promoted Silver
-Untuk Bishop jika berpromosi akan tetap memiliki gerakan aslinya. Namun Bishop yang telah berpromosi juga mempunyai kemampuan untuk bergerak selangkah maju, menyamping, dan mundur. Bishop yang sudah berpromosi dinamakan Horse
-Untuk Rook jika berpromosi akan tetap memiliki gerakan aslinya. Namun Rook yang telah berpromosi juga mempunyai kemampuan untuk bergerak selangkah diagonal maju, dan selangkah diagonal mundur. Rook yang telah berpromosi dinamakan Dragon.

Mandatory Promotion
Apabila Pawn, Knight, dan Lance sudah tidak bisa lagi bergerak karena sudah di ujung jalur, maka piece tersebut harus berpromosi. Untuk Pawn dan Lance harus berpromosi jika sudah mencapai deret terakhir, sementara Knight harus berpromosi jika sudah mencapai dua deret terakhir.

Drop
Berbeda denga catur atau chess, dalam shogi kita bisa mempergunakan piece lawan yang sudah kita capture untuk menjadi buah kita. Hal ini lazim disebut drop.
-Setiap giliran satu drop
-Drop di zona promosi tidak akan mengakibatkan promosi langsung. Anda harus menunggu giliran berikutnya untuk berpromosi.
-Untuk Silver, Gold, Rook, dan Bishop tidak mempunyai aturan penempatan. Anda boleh men-drop kapan saja dan di mana saja.
-Untuk Lance, anda boleh men-drop kapan saja. Tetapi anda tidak boleh men-drop di deret horizonotal teratas atau terakhir. Karena tidak ada lagi yang langkah yang memungkinkan apabila anda men-drop di deret horizontal terakhir.
-Tidak boleh ada lebih dari satu pawn, dalam satu deret vertikal. Artinya anda tidak boleh men-drop pawn apabila di sepanjang deret vertikal di tempat yang anda inginkan, sudah terdapat UNPROMOTED pawn anda. Promoted Pawn (Tokin) tidak termasuk dalam peraturan ini. Anda juga tidak boleh men-drop pawn di deret horizontal terakhir, karena tidak ada langkah yang memungkinkan lagi untuk dijalankan setelah itu.
-Untuk Knight, anda boleh men-drop kapan saja. Tetapi anda tidak boleh men-drop di dua deret horizontal terakhir atau teratas.
-Anda boleh mempergunakan piece drop anda untuk men-check langsung raja lawan. Sedangkan untuk immediate check-mate, semua piece diijinkan untuk mempergunakan drop attack, kecuali pawn. Check mate dengan mempergunakan pawn hanya boleh dilakukan dengan menggerakkan pawn yang sudah ada.
-Apabila anda berhasil meng-capture promoted piece lawan, semisal Dragon, Horse, dan Tokin maka piece yang anda capture tersebut akan kembali ke posisi asal. Sehingga yang anda drop adalah Rook, Bishop, dan Pawn.

Goal
-Goal dalam permainan ini adalah men-check mate King lawan. Yakni mengancam King lawan dalam jalur salah satu piece kita, dan membuat tidak ada lagi jalan yang tersedia sehingga King lawan bisa selamat.
-Sama seperti chess, jika terdapat langkah yang diulang-ulang terus menerus (sekitar 3 atau 4 kali) maka dianggap draw. Draw juga bisa diperoleh lewat kesepakatan kedua pemain apabila sudah tidak terdapat cara lagi untuk men-checkmate King lawan bagi kedua pemain.
-Check yang beruntun atau terus menerus (perpetual check) akan menyebabkan pemain yang melakukan check tersebut secara otomatis kalah. Tidak jelas berapakah jumlah check terus-menerus yang dimaksud. Sekitar 4 atau 5 kali maybe >_>

Tidak ada komentar:

 
>