26 Oktober 2008

Shougi : My Idea

Dan ini adalah variant shogi yang ditemukan teman saya. Cukup menarik. Cara mainnya sama, hanya ada beberapa tambahan. Nama varian ini dinamakan So Shogi

Normalnya setiap pemain bisa mempergunakan kesempatan giliran yang dimilikinya untuk menjalankan piece-nya yang ada di atas papan, atau melakukan drop bila memungkinkan. Namun dalam So Shogi, seorang pemain juga mempunyai kesempatan untuk menukar piece lawan yang sudah di-capturenya dengan beberapa list piece baru yang unik2, asyik2, dan pastinya untuk memainkannya butuh strategi masing-masing. Setiap giliran anda bisa menukar 1 piece baru (yang ada di exchange market, istilahnya >_>) dengan sejumlah piece lawan yang sudah anda capture sesuai requirement dari penukaran. Atau anda juga bisa menukarkan satu piece lawan yang sudah anda capture dengan beberapa piece baru dari exchange market yang nilainya sama atau kurang dari nilai piece lawan tersebut. Piece yang kita beli akan dianggap sebagai hasil capture-an kita. Dan baru dapat di-drop pada giliran berikutnya.

Ada 10 macam piece baru, di mana setiap macam terdapat dua buah. Artinya ada 20 piece baru. Dan itu untuk kebutuhan kedua pemain, artinya bisa saja seorang pemain memiliki dua buah dari salah satu macam piece baru tersebut (Queen misal >_>). Setelah ditukar dengan satu piece baru dari exchange market, maka piece-piece lawan yang kita pergunakan sebagai persaratan pertukaran akan disimpan dalam exhange market dan dapat "dibeli" kembali dari exchange market dengan membayar se-nilai atau seharga piece tersebut.

Beli dan Jual (Buy and Sell)
-Buy atau beli berarti membeli piece dari exchange market. Buy price berarti harga yang DIBUTUHKAN untuk membeli piece tersebut dari exchange market.
-Sell atau jual berarti menjual piece lawan yang kita capture ke exchange market. Sell price berarti "uang" yang kita KELUARKAN untuk membeli satu piece dari exchange market.
-Buy : dari Exchange market menuju ke kita untuk di-drop kemudian.
-Sell : dari kita ke exchange market

Exchange Point Initial Shogi Piece
-King : Tidak ternilai. Tidak dapat diperjualbelikan

-Rook & Bishop :
Buy : 5
Sell : 4

-Gold General :
Buy : 4
Sell : 3

-Silver General :
Buy : 3
Sell : 2

-Knight dan Lance :
Buy : 2
Sell : 1

-Pawn :
Buy : 1
Sell : 3 piece for 1 Advance Pawn or 2 piece for 1 Squire

New So Shogi Piece

-Advance Pawn
Buy : Hanya bisa dibeli dengan menukarkan 3 pawn
Sell : 1
Movement : sama seperti pawn (hanya bisa maju) namun bisa maju sampai dua langkah bila satu langkah di depannya tidak ada piece lain yang menghalangi (baik piece sendiri maupun piece lawan). Advance Pawn tidak bisa melompat.
Capture : Normal
Drop : anytime. Lokasi drop adalah di salah satu kotak dari 9 kotak di tempat pawn kita pertama kali ditempatkan.
Promotion :
Advance Tokin : mirip Tokin, hanya dia bisa maju ke depan sampai dua langkah. Dan sama dengan Advance Pawn, Advance Tokin baru bisa melakukan dua langkah maju apabila kotak di depannya kosong. Advance Tokin juga tidak bisa melompat.

-Warrior
Buy : 6
Sell : 5
Movement : sama dengan King. Hanya saja mempunyai fasilitas untuk bergerak 2 langkah ke depan, belakang, dan samping selama tidak ada piece yang menghalangi jalurnya. Warrior tidak bisa melompat.
Capture : normal
Drop : Anywhere, anytime
Promotion : none

-Lancer
Buy : 8
Sell : 6
Movement : Lancer berbeda dengan Lance. Sebelum promosi, pergerakan Lancer hanyalah maju atau mundur saja. Namun ini adalah piece yang unik, karena Lancer hanya bisa bergerak apabila di depannya atau di belakangnya terdapat satu piece kita. Lancer bergerak dengan melompati satu piece kita yang lain. Apabila terdapat dua atau lebih piece yang bertumpuk maka Lancer tidak bisa melompat. Lancer juga tidak bisa melompati kotak kosong atau piece lawan.
Capture : Normal
Drop : Anywhere, anytime
Promotion :
Manuveur : Inilah yang membuat Lancer begitu berharga. Manuveur adalah penyempurnaan dari Lancer. Kalau Lancer hanya bisa bergerak melompat secara Vertikal saja (maju-mundur), maka Manuveur memiliki gerakan yang lebih bebas, yakni Vertikal, Horizontal, dan Diagonal. Manuveur bahkan punya keistimewaan ketimbang Queen karena dia mampu mengkombinasikan gerakan vertikal, horizontal, dan diagonal secara sekaligus selama masih ada satu piece kita sendiri yang bisa dilompati.
Mempergunakan Lancer dan Manuveur butuh keahlian khusus. Juga anda harus fokus mengatur jalur setelah anda men-drop Lancer.
*Berbeda dengan piece lain, maka anda tidak bisa bergerak langsung ke kotak tujuan. Anda harus menunjukkan proses melompat nya terlebih dahulu, untuk menghindari kecurangan.

-Squire
Buy : 2 Pawn
Sell : 1
Movement : sama dengan Pawn. Namun Squire punya kemampuan untuk bergerak maju selangkah secara diagonal, selama di sepanjang deret vertikalnya tidak terdapat pawn, advance pawn, atau squire lainnya.
Capture : Normal
Drop : sama dengan Advance Pawn
Promotion : TOkin

-Advance Knight
Buy : 4
Sell : 3
Movement : sama dengan Knight
Capture : Normal
Drop anytime, anywhere
Promotion :
Promoted Advance Knight : sama dengan Knight pada Chess

-Wyvern
Buy : 5
Sell : 4
Movement : sama dengan Rook. Namun hanya bisa bergerak di sepanjang jalur kosong (vertikal dan horizontal)
Capture : jalur capture Wyvern berbeda dengan jalur movementnya. Jalur capture Wyvern adalah di satu langkah di sepanjang jalur diagonalnya.
Drop : anytime. Wyvern hanya bisa di-drop di kotak tempat King, Rook, atau Bishop sendiri pertama kali ditempatkan.
Promotion : None

-Paladin
Buy : 5
Sell : 4
Movement : sama dengan Bishop. Namun hanya bisa bergerak di sepanjang jalur kosong (diagonal)
Capture : jalur capture Paladin berbeda dengan jalur movementnya. Jalur capture Paladin adalah satu langkah di sepanjang jalur vertikal atau horizontal nya.
Drop : sama dengan Wyvern
Promotion : None

-Advance Soldier
Buy : 2
Sell : 1
Movement : Satu langkah maju, kanan, atau mundur diagonal kiri
Capture : Normal
Drop : anytime, anywhere
Promotion : None

-Backward Soldier
Buy : 2
Sell : 1
Movement : satu langkah maju diagonal kanan, kiri, atau mundur
Capture : Normal
Drop : anytime, anywhere
Promotion : None

-Advance Lance
Buy : 3
Sell : 2
Movement : sama dengan Lance, namun Advance Lance bisa bergerak mundur selain maju.
Capture : normal
Drop : anytime, anywhere
Promotion :
Promoted Advance Lance : sama dengan Gold General

Tidak ada komentar:

 
>